Senin, 11 November 2013

Momentun Hijrah

Assalamualaikum

Alhamdulillah pagi ini bisa shalat shubuh berjamaah di Masjid, dan seperti biasanya bakda shubuh ada kuliah shubuh yang diselenggarakan pengurus Masjid. Kali ini yang menjadi pemateri ustad saya yg biasa mengisi taklim bakda Isya setiap hari rabu. Saya akui, saya sangat Takzim kepada beliau atas ilmu dan kearifan beliau dalam memahami Dien ini.

Berikut isi materinya ya. Moga bermanfaat terkhusus tuk diri ini.

Dimulai dengan membaca ayat Quran

الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ
orang-orang yg beriman & berhijrah serta berjihad di jalan Allah dgn harta, benda & diri mereka, adl lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; & itulah orang-orang yg mendapat kemenangan.

Those who believe, and suffer exile and strive with might and main, in Allah´s cause, with their goods and their persons, have the highest rank in the sight of Allah: they are the people who will achieve (salvation).


 Quran Surat At Taubah ayat 20

Ustad Nurhadi menjelaskan kunci dari ayat ini ada dibagian akhirnya. Dimana Allah swt memberikan kabar mengenai orang orang yang mendapat kemenangan/ kesuksesan (Faizun). Nah tuk mendapatkan kesuksesan tsb, Allah swt menerangkan di bagian awal dengan menyeru kepada orang orang yang beriman. Artinya hal pertama tuk mendapatkan kemenangan ialah dengan keimanan. Iman yang bergelora didalam qalbu. Iman yang memiliki komitmen. Bukan hanya diucap dilisan. Tapi sebuah komitmen kuat tuk mendapatkan kemenangan. 
Kedua ialah orang yang berhijrah. Berpindah dari kezhaliman kepada keadilan. Dari gelapnya hati menuju cahaya Ilahi. Ustad mengisahkan tts seorang sahabat (saya lupa namanya hehehe). Dikala jahiliah sahabat Rasulillah ini sering kali ke tempat hiburan tuk mengisi waktunya. Suatu ketika sahabat ini menjalin hubungan gelap dengan wanita penzina. Hubungan ini berlangsung bertahun tahun, hingga Cahaya Islam datang dibawa oleh Pribadi Agung Muhammad saw. Tersentuh hatinya, hingga ia memutuskan bersyahadat dan ikut hijrah ke Madinah. Hingga suatu ketika Rasulullah memberikan amanah kepada beliau tuk menyelinap keMekkah dan mencari informasi mengenai makar makar kafir Quraisy. 

Tibalah sahabat Nabi ini diMekkah. Tak disangka dan diduga, bertemulah ia dengan mantan kekasihnya itu. Maka dipeluklah Sahabat Nabi ini. Dengan hati bergetar dan beristighfar,Ia tahu bahwa ini perbuatan dosa. Maka ia segera melepaskan pelukan gadis tsb. Sahabat Nabi ini segera berlari dan masuk kedalam goa. Dikerjarlah ia oleh wanita pezina tsb, dan mengancam jika ia tidak keluar dari goa tsb maka ia akan diadukan kepada pembesar kafir Quraisy atas penyamaran. Namun sahabat Nabi ini tak bergeming, ia berada didalam goa beberapa hari. Dan ketika dirasa sudah aman, berlarilah ia kemadinah dan melapor kepada Rasulillah. Kemudian ia meminta izin kepada Rasul tuk menikahi gadis tsb. Turunlah ayat yang menjawab keinginan tsb dalam Surat An Nur ayat 3
الزَّاني‏ لا يَنْكِحُ إِلاَّ زانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَ الزَّانِيَةُ لا يَنْكِحُها إِلاَّ زانٍ أَوْ مُشْرِكٌ وَ حُرِّمَ ذلِكَ عَلَى الْمُؤْمِن
Orang laki-laki pezina, yang dinikahinya ialah perempuan pezina pula atau perempuan musyrik. Perempuan pezina jodohnya ialah laki-laki pezina pula atau laki-laki musyrik , dan diharamkan yang demikian itu atas orang yang beriman.

Inilah buah Hijrah, karna didasari oleh keimanan maka tak kan surut dan tak ingin kembali kepada kebathilan dan kemaksiatan jahiliah.

Kemudian sikap selanjutnya ialah berjihad. Makna harfiah Jihad ialah bersungguh sungguh. Bahkan Allah swt menegaskan walaupun dengan mengorbankan harta bahkan nyawa kita. 


Berikut tausyiah singkat dari Ustad Nurhadi rahimahullah. Itulah orang orang yang mendapatkan kemenangan. Moga ditahun Baru Hijriah 1435 H. Kita berniat tuk berhijrah menjadi lebih baik lagi. Berkomitmen dan Bersungguh sungguh dengan niat kita walau harta harus terkuras bahkan meregang nyawa.


SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1435 H.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hamba yang penuh dosa. Berharap ampunan Nya.