Senin, 21 Oktober 2013

Catatan tentang ROHIS disekolah



Membangun masa depan

Sesungguhnya sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang dijalannya, Semangat dalam merealisasikannya dan kesiapan untuk beramal serta berkorban dalam mewujudkannya. Keempat rukun ini, iman, ikhlas . semangat dan amal merupakan karakter yang melekat pada pemuda. Karena sesungguhnya dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertakwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Hal itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda.
(Hasan al bana)

Ketika kita merenungi kata-kata ini. Maka akan terpintas didalam pikiran kita, apa yang sebenarnya kita perjuangkan, bagaimana dan apa tujuan akhirnya. Dalam kalimat pertama ditegaskan bahwa untuk mewujudkan sebuah ide/gagasan, ialah memiliki keyakinan yang kuat kepadanya. Sekarang yang menjadi pertanyaan, apa kita yakin dengan apa yang kita jalani hari ini dan kemaren?
Terlepas dari itu semua, kita perlu menyadari dan memahami  apa yang sebenarnya kita lakukan. Dan hasil akhir apa yang akan kita peroleh.dan bagaimana cara kita memperoleh hasil tersebut. Untuk menguatkan langkah kita. Agar langkah ini semakin terarah dan roda-rodanya dapat berputar dengan cepat menyambut momentum yang akan terus datang.
            Kita semua sepakat bahwa hari ini menentukan masa depan. Rangkaian-rangkaian kegiatan yang kita lakukan hari ini akan menjadi sebuah produk besar yang menggambarkan kerja keras kita dikemudian hari. Visualisasi/menggambarkan masa depan secara jelas biasa kita sebut dengan visi. Visi menjadi penting bagi sebuah organisasi yang ingin tetap eksis dan memberikan kontribusi signifikan di dalam aktivitasnya.
            Dalam ranah dakwah smkn 17, kita tidak hanya memahami rohis sebagai wasilah(sarana) dakwah. Tetapi rohis harus menjadi “sekolah” bagi pemuda-pemuda Islam untuk mengembangkan potensinya, sesuai dengan amanat visi rohis tersebut. Untuk itu, kita perlu melihat seberapa besar alumni-alumni rohis yang sudah berperan secara optimal di dalam masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan di rohis.
            Rohis merupakan bagian dari masyarakat di smkn 17. tentu harus bisa memberikan kontribusi yang maksimal dalam kemajuan smkn 17 dan sekitarnya(lihat visi rohis) . dan hal itu akan sulit(bahkan mustahil) jika peran alumni sangat minim. Alumni yang telah membentuk wadah untuk mengaktualisasikan semangat dakwahnya maka membentuk sebuah forum alumni rohis yang diberi nama ISHLAH, tentu dengan ghiroh  ingin berperan lebih aktif dan massif dalam mengembangkan rohis 17.
            Maka itu perlu ada penyamaan visi dan misi antara Rohis dan Ishlah. Sehingga terbentuk sebuah satu kesatuan yang integral dan komprehensif dalam mengelola dakwah sekolah. Adanya kesamaan akan memberikan ruang gerak yang luas untuk masing-masing organisasi ini agar dapat berperan secara optimal dan terarah. Dan bisa bersinergi membangun masyarakat smkn 17 yang Islami dan memperat ukhuwah didalamnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hamba yang penuh dosa. Berharap ampunan Nya.