Minggu, 20 Mei 2018

Kekuatan Ruhiyah Imaniyah

Saya secara pribadi sering mendengar dan merasakan bagaimana kekuatan ruhiyah memiliki pengaruh besar dalam kehidupan. Ada seorang teman yang menyampaikan apa yang disampaikan seorang ustad, tapi pengaruhnya sangat jauh berbeda sekali padahal dari segi "materi" , konten dan pemilihan kata persis sama. Namun bisa berbeda dengan apa yang kita rasakan. 
Kalau ditelisik lebih jauh, kenapa penyampaian yang sama namun memiliki hasil yang jauh berbeda salah satu kuncinya ialah kekuatan ruhiyah. Sejauh mana hubungan seseorang kepada Rabb nya akan berpengaruh dalam setiap gerak gerik aktivitas hidupnya. 
Itulah mengapa dalam tiap halaqah pekanan kita dilibatkan dalam pengisian "mutaba'ah ibadah harian". Kita dituntut untuk menjaga dan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita. Agar aktivitas harian kita memiliki "spirit imaniyah". 
Maka dalam Sirah Nabawiyah kita bisa menyaksikan bagaimana Umar Ibnu Khatab Ra menasehati pasukan yang akan berangkat ke medan perang tuk selalu menjaga ruhiyah. Karena dari segi jumah dan sarana pasukan jelas umat Islam kalah jauh. Namun yang membuat Umat Islam bisa menang ialah hubungan mereka kepada Al Khaliq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hamba yang penuh dosa. Berharap ampunan Nya.